Diposting Pada: Selasa, 09 Oktober 2018
UPTD Pukesmas Muara Sabak Barat melaksanakan Sosialisasi dan Pengobatan Eliminasi Kaki Gajah (BELKAGA) di MIN 2 Tanjab Timur


UPTD Pukesmas Muara Sabak Barat melaksanakan Sosialisasi dan Pengobatan Eliminasi Kaki Gajah (BELKAGA) di MIN 2 Tanjab TimurMuara Sabak-MIN2TJT. UPTD Puskesmas Muara Sabak Barat melalui Program Nasional Bulan Eliminasi Kaki Gajah (BELKAGA), mengadakan sosialisasi dan pemberian obat penyakit kaki gajah secara gratis kepada seluruh siswa/i dan guru di MIN 2 Tanjab Timur, Senin (08/09/2018).

Bidan UPTD Puskesmas Muara Sabak Barat Welli Andriyani, menjelaskan tentang penyebab, ciri-ciri, cara penularan, pencegahan serta cara pengobatan penyakit kaki gajah. Penyakit kaki gajah disebut juga Filariasis/Elephantiasis merupakan penyakit menular dan menetap yang disebabkan oleh cacing filaria dari spesies wucheria bracofti, Brugia malayi dan Brugia timori. Penyakit ini dapat ditularkan oleh seseorang atau hewan yang daerahnya terdapat anak cacing filaria (mikrofilaria) kepada orang lain melalui gigitan nyamuk dari spesies Aedes sp, Anopheles sp. dan bisa juga dari jenis nyamuk lainnya.

"Kegiatan sosialisasi ini dalam upaya mengantisipasi penyebaran penyakit filariasis, sekaligus meminta dukungan dan peran aktif berbagai elemen dan komponen yang ada di masyarakat untuk suksesnya BELKAGA," ungkapnya.

Ia menambahkan untuk gejala dan tanda penyakit kaki gajah deman berulang ulang, pembengkakan saluran getah bening sehinggah terlihat bengkak di derah lipatan paha, ketiak yang tampak kemerahan panas dan sakit.
"Untuk pencegahan penyakit kaki gajah, minumlah obat pencegahan sekali setahun selama minimal lima tahun, masyarakat juga diminta menghindari gigitan nyamuk dan menjaga kebersihan lingkungan," tambahnya.

Sementara itu Kepala MIN 2 Tanjab Timur, Aziz, S.Pd, menyambut baik program ini dan menurutnya program seperti ini harus semakin ditingkatkan sehingga generasi penerus bangsa bisa terbebas dari penyakit berbahaya.
"Kami berterimakasih kepada UPTD Puskesmas Muara Sabak Barat yang telah melakukan kegiatan ini. Ini merupakan bentuk kerja sama yang baik, karena siswa/i disini juga merupakan generasi penerus Bangsa ini. Sehingga,anak-anak bisa belajar dengan baik dan tidak terhambat oleh sakit," kata Aziz.

 


127x
Dibaca

Halaman ini diakses pada 24-10-2018 09:48:50 wib
Diproses dalam waktu : 0.327 detik
Diakses dari ip address: 54.156.39.245
Copyright © 2018 Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved